7 Manfaat Jagung untuk Kesehatan, Sehatkan Mata dan Atasi Anemia

Terkait dengan jagung, Dr. Sheela Krishnaswamy selaku Dietition & Wellness Consultant dari Bangalore mengatakan bahwa dibanding dengan nasi putih yang tinggi karbohidrat dan gula, jagung tetap disarankan untuk dikonsumsi.

Pada sisi lain, jagung juga mengandung vitamin B1, B5, dan C yang berfungsi membantu memerangi penyakit dan menghasilkan sel baru bagi tubuh. Jagung juga mengandung serat tinggi yang baik untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

Kamu masih boleh mengonsumsi jagung, dengan catatan memerhatikan cara pengolahannya. Mengonsumsi jagung seperti yang telah diolah menjadi popcorn hanya akan membuat berat badan semakin membesar dan program diet kembali gagal.

Jagung yang direbus dan dimakan langsung tanpa tambahan gula, garam, mentega atau santan merupakan cara terbaik agar manfaat jagung bisa dirasakan. Apa saja?

1. Membantu Menyehatkan Mata

Karetenoid dalam jagung yang utama dalam menjaga kesehatan mata adalah antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Dikutip dari British Journal of Ophthalmology, zeaxanthin dapat membantu mencegah degenerasi makula pada mata, katarak, serta kerusakan oksidatif lainnya yang disebabkan oleh blue light pada laptop atau smart phone.

2. Penambah Energi

Jagung dikenal memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Apa yang dimaksud dengan karbohidrat kompleks? Para ahli percaya bahwa karbohidrat jenis ini dapat dicerna dalam waktu yang lebih lambat. Proses ini tentu menguntungkan karena jagung bisa memberikan energi untuk jangka waktu lebih lama.

3. Mencegah Divertikulosis

Menurut healthline.com, manfaat jagung juga berperan penting untuk mencegah divertikulosis. Divertikulosis adalah kondisi kesehatan dalam tubuh yang ditandai dengan hadirnya kantung pada dinding usus besar,

Gejalanya antara lain kram perut, perut terasa penuh, hingga infeksi dan perdarahan. Makanan tinggi serat, yang salah satunya ada pada jagung, bisa membantu sistem kerja pencernaan.

4. Mencegah Diabetes & Menurunkan Kolesterol

Manfaat jagung bisa dirasakan untuk Kamu yang memiliki riwayat diabetes. Hal ini karena jagung memiliki kandungan polyphenols yang membantu melindungi tubuh dari diabetes tipe 2. Tak hanya itu saja, jagung yang kaya serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang artinya bisa membantu menurunkan dan menstabilkan gula darah dalam tubuh.

5. Menghindari Cacat Lahir

Kamu yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai asupan makanan yang mengandung asam folat. Kandungan ini diperlukan untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang tak diinginkan pada bayi seperti risiko spina bifida dan malformasi saraf lainnya.

Nah, menurut Home & Garden Information Center; Clemson University (2005), jagung kaya akan asam folat dan nutrisi lainnya, sehingga manfaat jagung ini cocok bagi Kamu yang sedang hamil dan menyusui.

6. Menurunkan Risiko Anemia

Manfaat jagung selanjutnya adalah membantu menurunkan risiko anemia. Jagung kaya akan asam folat, vitamin B12, dan zat besi yang berperan penting untuk membantu pembuatan sel darah merah dalam tubuh.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Akhir-akhir ini kita memang dituntut untuk selalu fit agar tidak mudah terserang penyakit. Kamu dapat mengoptimalkan manfaat jagung untuk kekebalan tubuh keluarga, termasuk Si Kecil.

Oregon State University menyatakan bahwa beta-karoten dalam jagung mengandung vitamin A yang dibutuhkan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan, serta perkembangan bayi yang sehat.

Jika Kamu selalu menghidangkan jagung sebagai bagian dari snack keluarga, teruskan ya! Tapi, perhatikan cara masaknya. Kamu harus menghindari beberapa bentuk jagung, seperti popcorn dengan mentega, garam, atau gula yang mengandung sodium dan transfat. Jagung kalengan pun berisiko memiliki BPA.

Lain lagi dengan tepung jagung karena hanya mengandung karbohidrat, sirup jagung karena tinggi gula, dan minyak jagung karena tinggi lemak dan kalori.

Lalu bagaimana cara mengolah jagung yang benar? Untuk mendapatkan manfaat jagung untuk keluarga, Kamu cukup mengonsumsinya langsung dengan mengukus jagung terlebih dahulu sebagai camilan.

Untuk memperoleh jagung berkualitas, caranya sangat mudah, Kamu bisa pesan buah jagung secara Online di tanihub.com dengan bantuan smartphone dan internet.

Selain jagung ada juga aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako di TaniHub.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Saat ini TaniHub sudah dapat diakses di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Bali dan akan terus melebarkan layanannya tiap tahunnya

Leave a Comment